::..hAl2 sPele yg terMarjinalkan...::


Bapak Muhammad Fauzil Adzim pernah berkata:

berbicara itu mudah, begitu kata mutiara yang saya pelajari waktu SD. karena mudah, keterampilan berbicara tidak diajarkan secara khusus.begitupun adab2 berbicara, nyaris tak dikenalkan. buat apa dipelajari terlalu serius kalau berbicara itu mudah?
yang sulit adalah berbuat. begitu sulitnya, sehingga murid2 tidak diajari berbuat untuk mewujudkan sesuatu yang besar. jangankan yang besar, yang agak besar aja tidak diajarkan. alhasil anak2 tidak terbiasa berbicara yang baik apalagi yang benar, dan tidak mampu menuangkan gagasan dengan kata2 yang teratur, sedangkan berbuat pun tidak. anak-anak itu tumbuh menjadi pemimpi bukan pemimpin.
_________________________________________________

membaca pernyataan seperti ini, pikiranku langsung tertuju pada berbagai problem yang terjadi di sekitar... persahabatan, rumah tangga, bahkan hubungan cinta sepasang kekasih. kesalahpahaman biasa selalu diremehkan terutama dalam hubungan persahabatan. padahal bisa jadi ini akan menjadi akar permasalahan yang lebih besar.

aku teringat sebuah cerita, semoga cerita ini ada sangkutpautnya (walaupun sedikit) dg seberapa pentingnya berkata dengan baik, menguraikan dan mengucapkannya dengan benar dan tepat.


_______________________________________________________________

:::tiba2 harry memutuskan untuk tidak pindah ke rumah di scottville dekat michigan lake itu, padahal ia berencana tinggal di sana bersama dua orang temannya Davis dan brian yang juga mahasiswa michigan university, sejak sebulan yg lalu. tapi ia kemudian lebih memilih untuk berbelok haluan ke selatan menuju walkerville yang lumayan jauh dari danau michigan. padahal dari tempat ia beranjak (custer) ke scottville sangat dekat, tapi kenapa ?

ada diskomunikasi antara keduanya....

karena tak sempat bertemu harry, brian menitipkan pesan untuk harry lewat seorang temannya (parker)...isinya simpel "berapa lama kamu ingin tinggal di rumah ini?" terang saja harry langsung geram karena merasa dianggap hanya numpang tinggal sementara padahal harry ingin tinggal di rumah itu ya... setidaknya untuk waktu yang cukup lama. karena emosi dan terlanjur mengikuti amarahnya, harry kemudian rela melakukan perjalanan empat roda berkilo-kilo ke rumah sahabtnya yang lebih jauh.

ada yang disembunyikan dari brian? tidak ada!!...sebenarnya ia hanya igin mengusahakan hal yang terbaik buat dia dan teman2nya, ia juga tak ingin harry kecewa kalau ia langsung menolaknya tinggal bersama dengannya, hanya saja ia sudah terlanjur berjanji pada sepupunya jonathan yang akan datang dari manhattan tiga bulan lagi.

terjadilah "pertengkaran sunyi" antara harry dan brian, tidak ada yang mampu melerai mereka kcuali mereka sendiri yang "tidak hanya diam" dan melepaskan egonya masing-masing, mereka bahkan tak pernah bertanya kenpa begini kenapa begitu, padahal mereka sama2 membutuhkan jawaban demi mengisi ruang kosong di hati mereka...klo sudah dpt jawabannya, memaafkan kesalahan itu mudah bukan?::::


:::sementara di belahan bumi yg lain, tepatnya di small town stelzenberg sebelah selatan kaiserslautern. seorang ibu rumah tangga tersenyum manis menyambut tanaman bunganya merekah indah berwarna-warni. rebecca ingin membagikan kebahagiannya hari ini dengan tetangga dan beberapa temannya.

ia melirik pintu merah milik seorang wanita yang tak begitu akrab dengannya, hanya dengan seikat bunga dari taman kecil di halaman rumahnya dan sedikit senyum manis tersungging di bibirnya, rebecca mengetuk pintu rumah keluarga james pettersons, dari balik pintu nyonya pattersons, rosemary membukakan pintu. rebecca lalu mengulurkan seikat bunga untuknya sambil berkata "guten Morgen und alles Gute zum Geburtstag hübsche Frauen".....

rosemary lalu menangis dan memeluk rebecca....bagaimana mungkin seorang tetangga yang tak begitu kenal dengannya, pagi ini mengetuk pintu rumahnya dengan senyuman dan ucapan selamat ulang tahun "wanita cantik..!!". sedangkan dua hari yang lalu suaminya mengatakan dia seperti pelacur....!!! pagi tadi ia juga terlibat pertengkaran hebat dengan anak perempuannya yang mengatakan...pantas saja ayah meninggalkanmu..! mengurus rambutmu saja kamu tidak bisa!!

hadiah sederhana dari rebecca adalah kekuatan cinta, sedang cinta adalah kekuatan untuk peduli----rebecca tak pernah tahu hari ulang tahun rosemary-----:::::

__________________________________________

"perhatian kecil dan pemberian biasa mungkin takkan berarti apa2, tapi jika diberikan kepada orang yang membutuhkan maka sekecil apapun itu adalah anugerah yang sangat besar baginya."


shioukahn
cairo, 22 mei 2010

0 comments:



Post a Comment