MII selalu DI hati...(Extended)


beberapa jam bersama MII (curhat)

kamis 17 februari 2011, Alhamdulillah saya bisa mengunjungi ma'had tercinta, seandainya klo ada yang mengambil gambarku waktu itu, wajahku mungkin terlihat seperti ini ^_^.

saya sangat merindukan ma'had ini..
alhmdllah langsung bisa ketemu wajah2 tulus penuh keikhlasan...pak Syaf, pak Adam, ust. Ma"ruf, Ust. Azhari, Ust. Musleh, Ust. Vasto dan beberapa Asatid muda, menyambutku dg senyuman...suasana semakin menjadi cair (kringetan) dan hangat (emang udaranya panas heheh) dg kue dadar gulung dan secangkir teh manis yg mulai kehilangan kehangatannya....ehemm.

sbagian besar obrolan
yg terjadi hanya seputar kabar2 alumni yg di mesir dan cerita revolusi...kcuali ketika saya bertemu ust.Khairul Anam. beliau tanya: menurut antum apa yg berubah di sini..?? saya bingung mau jawab apa, krn saya baru dtg...ya selain cat-nya yg berubah, santrinya jg berubah smua (ya iyalah masa sama kayak dulu..kan dah pada lulus), ad tambahan2 juga...tpi secra sepintas saya hnya menyoroti kebersihan, masa ad santri yg baru dri hammam langsung naik ke asrama dg sandalnya...!! (sandalnya ga dilepas) trus ad yg dri asrama langsung naik ke masjid ga pke sandal...hemm.!! sayangnya saya ga sempet jalan2 ke kamar2 (hehhe keliling kamar nostalgia mufattis)

sehabis ashar...(di-skip aj cerita2 yg tak perlu)
di teras masjid saya sempat ngobrol2 dg salah seorang alumni yg mengabdi di ma'had...katanya: kak gimana kesan antum dg kondisi santri yg spt ini..??
saya jelas bingung...kondisi yg kayak apa??
trus katanya lgi: saya yakin sdkit banyak antum n kawan2 di mesir jg denger masalah2 yg terjadi...

akhirnya saya hrus mengakui...ya malahan ad bbrapa tmn yg menangis mndengar berita itu..!!

ktika dy tanya lgi: klo menrut antum apa sebabnya??
tentu saya hrus realistis menjawab ini, saya harus menjawab sesuai dg yg saya liat sekrg...dg waktu yg hanya beberapa jam saja.

klo ad santri yg tidur di kamar saat KBM berlangsung...jaman dulu jg ad, klo ad santri yg mejeng ke barat waktu sore...dulu juga banyak, klo ad santri yg hobinya ngabisin duit main PS...saya jg sering main PS.

lalu apa yg berbeda??
bismillah smoga saya tdk salah: saya melihat air muka kejenuhan ktika saya coba perhatikan wajah2 santri di sini. sepertinya harus ad kesibukan lain selain KBM..tentunya dg kontrol yg baik agr tdk kebablasan....alasannya?? ya para santri akan merasa jenuh bosan dsb, jika setiap harinya mereka hanya masuk kelas, sholat jamaah, dengerin ceramah...truss jalan2 deh ke barat (heheh)...solusinya?? misalnya (krn ini saja yg saya punya): hrus ad kegiatan yg mampu menampung aspirasi dan darah muda mereka yg sedang membutuhkan "pengakuan" agar penyalurannya tdk salah. misalkan dulu (ini jaman saya di ma'had) kita berusaha menghidupkan kegiatan ekstra PMR ato teater semampu kami (maaf klo saya boleh jujur, 2 eks ini tak banyak menghabiskan dana)...di sini para santri tidak hanya bisa mnyalurkan bakat n aspirasinya..tpi jg beljr kreatif dan improv, punya cara sendiri untuk menerjemahkan kata "GAUL" tdk hanya mejeng dg gaya rambut model (korea-jepang)...tentu ini akan berdampak pada suasana pesantren yg lebih "HIDUP" dan tdk kesempatan untuk memikirkan (maaf) pacaran.

oooo...gitu ya kak?? (sambil angguk2 kepala) iya juga sih....!! katanya...
iya ini hanya pengalaman saya aj...hanya ini yg saya punya dg waktu yg cuma sebentar....mohon maaf jika ad kata2 yg tdk berkenan.

0 comments:



Post a Comment